Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menghilangkan Gatal di Badan Dengan Cepat

Cara cepat menghilangkan gatal di badan bisa Anda lakukan dengan cara alami. Meski bukan penyakit serius, gatal di badan tidak seharusnya disepelekan dan sebaiknya segera diatasi dengan cara yang tepat.

10 Cara Menghilangkan Gatal di Badan Dengan Cepat

Ada banyak penyebab gatal di badan, diantaranya adalah pilihan makanan yang dikonsumsi, kebersihan badan yang kurang terjaga, digigit serangga, karena penyakit, karena cuaca atau lingkungan. Lalu, apa cara cepat menghilangkan gatal di badan?

1. Gunakan Daun Salam

Daun salam biasanya dipakai sebagai penyedap masakan. Tidak hanya itu, daun salam dipakai sebagai obat alami, salah satunya adalah untuk mengatasi gatal di badan. Anda bisa dapatkan daun salam dengan mudah karena daun ini dijual bebas di pasaran.

Siapkan daun salam lalu cuci sampai bersih. Setelah itu tumbuk sampai halus. Tempelkan tumbukan daun salam pada bagian yang terasa gatal. Lakukan ini secara rutin hingga gatal-gatal di tubuh menghilang.

2. Campur garam dan minyak goreng

Campuran garam dan minyak adalah obat alami atasi penyakit gatal di badan. Dua-duanya adalah bumbu dapur yang mudah Anda dapatkan. Caranya? Siapkan piring lalu tuangkan minyak. Setelah itu, tambahkan sedikit garam lalu aduk sampai merata. Oleskan campuran garam dan minyak pada bagian  tubuh yang gatal.

3. Gunakan Jahe

Jahe adalah bumbu dapur yang biasa digunakan untuk minuman dan bumbu masakan. Caranya, siapkan jahe sebanyak 30 gram, cuci sampai bersih. Setelah itu, ambil cuka 60 cc, beras putih dan gula merah secukupnya. Campur semua bahan tersebut dalam air 800 cc sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Dinginkan dan saring airnya.

4. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan popularitas tanaman yang satu ini. Lidah buaya dimanfaatkan baik dalam dunia kecantikan maupun kesehatan. Ambil batang lidah buaya, cuci bersih, lalu potong menjadi dua. Anda bisa oleskan gel itu pada bagian yang gatal secara rutin sampai gatal perlahan menghilang.

5. Gunakan Kulit Pisang

Cara cepat menghilangkan gatal di badan yang alami dan ekonomis adalah dengan menggunakan kulit pisang. Ya, Anda bisa manfaatkan kulit pisang untuk mengatasi gatal-gatal di badan.

Jika setelah makan buah pisang Anda lantas membuangnya begitu saja di tempat sampah, saat ini Anda bisa gunakan kulit pisang  ini untuk obat penyakit gatal yang ampuh. Cara pemakaiannya pun mudah. Anda bisa tempelkan kulit pisang pada bagian yang gatal, tunggu reaksinya. Lakukan secara berulang-ulang.

6. Usap Bagian yang Gatal

Cara praktis menghilangkan rasa gatal adalah dengan mengusap bagian yang gatal perlahan-lahan. Meski tidak menghilangkan rasa gatal dengan cepat, tetapi ini akan memberikan sedikit rasa nyaman. Anda bisa usap bagian yang gatal, lakukan perlahan jangan sampai menggaruknya dengan kasar atau bahkan berdarah-darah.

7. Ganti Sabun, Shampoo, dan kosmetik Anda

Nah, kenapa Anda harus mengganti sabun, sampo dan kosmetik Anda? mungkin Anda tidak cocok dengan perlengkapan mandi itu. Cobalah mengganti sabun, sampo, dan kosmetik  yang tepat. 

8. Ganti pakaian

Pastikan pakaian yang Anda kenakan ganti 3 kali dalam sehari. Atau, Anda bisa mengidentifikasi tumbuhnya bakteri dengan cepat dan harus menggantinya saat keringat berlebihan.

Ya, keringat adalah sumber penyakit karena mengandung kuman, bakteri dan virus. Usahakan agar baju yang dikenakan tetap kering dan gunakan baju yang menyerap keringat agar nyaman. 

9. Mandi air dingin

Cara cepat menghilangkan gatal di badan bisa Anda coba dengan mandi menggunakan air dingin. Mandi air dingin akan menekan rasa gatal. Rendam bagian yang gatal setidaknya 20 menit dan jangan gunakan air hangat yang justru berpotensi memicu rasa gatal.

10. Gunakan Salep atau Bedak Gatal

Cara cepat menghilangkan gatal di badan selanjutnya adalah dengan menggunakan salep atau bedak gatal yang ampuh. Sebelum menggunakannya, mandilah terlebih dahulu lalu taburkan bedak gatal pada bagian tubuh tertentu.

Atau, Anda bisa  gunakan salep yang manjur yang akan mengobati gatal dalam waktu singkat. Itulah 10 cara menghilangkan gatal di badan dengan cepat yang bisa Anda coba untuk mengusir gatal secara alami.
Baca Juga